Jumat, 08 Mei 2015

Daftar Makanan Karawang

Resep Masakan Sunda | Kabupaten yang dijuluki dengan lumbung padi menyimpan makanan tradisional yang sederhana. Bagi masyarakat karawang sendiri belum cukup mengetahui makanan khasnya. Ada beberapa faktor kenapa makanan karawang kurang cukup diketahui oleh masyarakat, salah satu contohnya itu karena kurangnya publikasi makanan tersebut. Namun itu makanan khas karawang juga ada yang populer.
Resep Masakan Sunda Sederhana paling popular di karawang satu diantaranya yakni Sorabi Hijau Rengasdengklok. Sorabi ini tuh terdapatnya dekat kuburan, oleh warga kerap dimaksud juga Sorabi Kunti. Tapi nama toko sebenernya tuh Sorabi Hijau Hidup Baru. Adonan serabi yang memiliki bahan daun suji serta pandan hingga serabi ini berwarna hijau. Adonan serabi di bikin memakai cetakan yang terbuat dari tembikar. Dibakar memakai arang, hingga aroma serabi yang di hasilkan lebih berasa. Yang bikin enak dari makanan ini yakni saus kincanya. Ada dua jenis kinca yakni kinca pandan dan saus duren.

Opak ketan Rawagede memiliki bentuk kecil-kecil, sangatlah tidak sama sekali dengan Opak Ketan buatan Cibuaya yang besar-besar. Jadi cuma 2 kali gigit segera habis. Kelebihannya yaitu pada terasa yang renyah serta gurih terlebih untuk opak yang baru dibakar. Opak ketan mungkin saja nyaris ada di setiap daerah, namun Opak Ketan di Rawagede ini mempunyai rasa yang lain dari yang lain. Ada rasa khas sendiri di banding opak-opak ketan yang lain. Walau sebenarnya di Rawagede juga beredar opak buatan daerah yang lain di Karawang yaitu dari Kec. Cibuaya yang besar-besar. Opak Ketan Rawagede yang sampai saat ini masih tetap bertahan, beberapa bahan yang dipakai untuk bikin Opak Ketan itu tidaklah terlampau istimewa. Beberapa bahan yang umum beredar dipasaran telah cukup baik membuahkan Opak Ketan yang gurih serta garing. Beras ketan, santan kelapa, sedikit garam telah cukup untuk membuahkan opak ketan yang gurih serta garing. Namun terkadang juga ampas kelapa digabungkan kedalam adonan opak untuk membuahkan dampak garing yang lebih.

Selain itu ada juga Makanan Khas Karawang antara lain Dodol Hideung Ketan, Gegeplak, Kue Ali (Kue Cincin), Opak Ketan, Pepes, Rangginang Ketan, Semprong, Soto Tangkar. Masakan khas yg di buat dengan sistem tradisional serta berkembang cukup lama di daerah Karawang nyata-nyatanya benar-benar banyak. Ada masalah yg berapa makanan khas karawang juga ada di daerah lain serta berapa makanan diragukan jadi masakan asli karawang, bukti dilapangan makanan itu banyak serta penikmat makanan itu juga banyak.

6 komentar:

  1. Makanan karawang pavorit ku itu sorabi khas rengasdengklok. enak banget tuh apalagi bumbu duriannya. top banget

    BalasHapus
  2. Gambar sorabinya mengunggah selera, kayanya mantep tuh makan surabi nya

    BalasHapus
  3. Thanks info nya jeng, oh iyah di tambah lagi ya daftarnya, biar nambah cakep blognya :)

    BalasHapus