Jumat, 08 Mei 2015

Resep Masakan Sunda Khas Karawang

Resep Masakan Sunda |  Karawang dengan beragam julukan seperti lumbung padi serta pangkal perjuangan ini ada masakan tradisonal yg tidak kalah enak dengan masakan khas dari daerah lain. Bila kita menelusurinya lebih dalam lagi, karawang sangat banyak kuliner asli yang belum di ketahui oleh orang-orang umum. Terdapat banyak makanan khas karawang telah populer di orang-orang luas, bahkan juga telah terdengar ke luar negeri.  Jika kamu ke Karawang alangkah baiknya untuk mampir ke tempat makanan-makanan khas karawang ini berasal. Masakan khas yang di buat dengan cara tradisional serta berkembang cukup lama di daerah Karawang nyatanya sangatlah banyak. Ada masalah yang sebagian makanan khas karawang juga ada di daerah lain serta sebagian makanan diragukan jadi masakan asli karawang, bukti dilapangan makanan itu banyak serta penikmat makanan itu juga banyak, makanan tersebut layak untuk jadi Resep Masakan Sunda Khas Karawang.

Resep Masakan Sunda Khas Karawang yang paling popular di karawang satu diantaranya yakni Sorabi Hijau Rengasdengklok. Adonan serabi yang memiliki bahan daun suji serta pandan hingga serabi ini berwarna hijau. Adonan serabi di bikin memakai cetakan yang terbuat dari tembikar. Dibakar memakai arang, hingga aroma serabi yang di hasilkan lebih berasa. Yang bikin enak dari makanan ini yakni saus kincanya. Ada dua jenis kinca yakni kinca pandan dan saus durian.

Diluar itu, ada Resep Masakan Sunda Khas Karawang yaitu soto tangkar khas karawang. Soto ini sangatlah gampang diketemukan di tepi jalan kota karawang, buka mulai pagi sampai malam. Meskipun bertempatkan warung kaki lima namun penikmat soto ini sangat banyak. Soto disajikan dalam mangkok dengan kuah santan berwarna kuning. Didalamnya ada potongan sisi sapi, yang terbagi dalam lidah, iso, otak, empal, dan otot. Harga yang murah dari mulai Rp. 8000.

Soto Gempol sangatlah populer di kota Karawang, menjadi Resep Masakan Sunda di Karawang yang populer. Beberapa besar warga Karawang telah sangatlah mengetahui soto Gempol, maklumlah soto ini telah ada mulai sejak th. 1980-an oleh H. Abdul Sukur serta Hj. Fatimah. Menu andalan di sini telah pasti yaitu Soto Gempol-nya, ada 4 pilihan soto salah satunya : soto ayam, soto daging, soto babat, serta soto usus. Namun bila ingin coba seluruhnya tinggal pesan saja soto campur. Soto Gempol serupa dengan Soto Betawi, Hanya Soto Gempol warna kuahnya lebih kekuningan sedang Soto Betawi kuah santannya berwarna putih. Umumnya di sajikan berbarengan taburan emping serta daun bawang, dibarengi dengan acar serta perasan jeruk nipis bikin soto ini jadi makin gurih serta lezat. Service yang didapatkan di Soto Gempol lumayan cepat hingga pengunjung tak perlu menanti terlampau lama. Diluar itu servis serta service beberapa pramusaji sangatlah ramah serta memuaskan bikin pengunjung kerasan serta suka untuk berkunjung kembali di Soto Gempol.

6 komentar:

  1. Sebagai orang karawang, saya bangga sama makanan khas karawang, Sederhana nan ajibbb :D Makasih yah udah buat artikelnya nambah pengetahuan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih juga ya sis. udah berkunjung ke blog ku

      Hapus
  2. wahhh pengen nyoba soto tangkarnya dong, kirimin kerumah aku yaaahhh

    BalasHapus
  3. ayo sis temenin saya kita wisata kuliner di karawang

    BalasHapus